Musrenbang Kecamatan Pajangan Tahun 2019 Sukses

Kamis Pon, 22 Februari 2018 12:16 WIB ∼ 633

Foto Berita

Pemerintah Kecamatan Pajangan menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kec. Pajangan tahun 2019 dengan tema "Meningngkatkan Kualitas Pembangunan Yang Lebih Berkeadilan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pemerataan Ekonomi Dan Perbaikan Layanan Publik, Menuju Bantul Sehat, Cerdas dan Sejahtera di pendopo Kec. Pajangan Bantul, Senin siang (19/2/2018).

Acara dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan Supriyanto, S.Pd, M.M (mewakili Bupati Bantul), Kepala Dinas Kebudayaan Kab. Bantul Sunarto, SH, MM, DPRD DIY Komisi B Bpk Joko Purnomo, SE, M.M, (Fraksi PDI Perjuangan selaku tokoh masyarakat Pajangan), DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa (Fraksi Nasdem), H. Sadji, S.Pd.I (Fraksi PAN) dan Eko Sutrisno Aji, Amd (Fraksi PPP), Heru Sudibyo, S.Sos, MM, (Fraksi Golkar), Camat Pajangan Yulius Suharta S,Sos. M,Si, Wagiyo, S.T Kepala Bidang Sarana Prasarana Bappeda (Pemimpin Sidang Pleno), Kabag Kesra Setda Kabupaten Bantul Drs. Sukendro, Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH, Kepala UPT PPK Pajangan Agus Suharyanto S.Pd, Kepala Puskesmas Pajangan Dr. Lucia Sri Rejeki, MPH, Peltu Y.A Rasul Koramil Pajangan, Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Bantul Fx Agus Subagya, SH., Lurah Desa Sendangsari Muhammad Irwan Susanto ST, Lurah Desa Guwosari H. Muh. Suharto, Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto, SKPD Kab. Bantul, Perwakilan Karang Taruna, LPMD, BPD, Gapoktan, SLB Bina Siwi, PKK Dukuh, Pamong dan tamu undangan.

Sambutan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si Camat Pajangan yang sekaligus membuka acara Musrenbang Kecamatan Pajangan Tahun 2019 mengatakan, Musrenbang merupakan media membuat perencanaan tata pemerintahan. Perencanaan merupakan prediksi dan proyeksi kebutuhan kecamatan Pajangan. Musrenbang diawali dan didasari dengan pelaksanaan sosialisasi perda kabupaten Bantul tentang RPJMD tahun 2016 sampai 2021.

Staf Ahli Supriyanto, S.Pd, MM menyampaikan sambutan Bupati Bantul, H. drs. Suharsono. Musrenbang merupakan dialog para pemangku kepentingan program prioritas pembangunan kabupaten sesuai kebutuhan wilayah. Musrenbang kali ini lebih sederhana prosedur dan diskusi tetapi dipertajam untuk pembahasannya dengan harapan perangkat masing-masing OPD dengan harapan tingkat partisipasi lebih optimal dan menghasilkan gagasan yang konstruktif menuju bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Dalam rangka optimalisasi kinerja serta menjamin konsistensi data maka Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul sepakat atau tidak sepakat dalam perencanaan tahun 2019 ini harus mulai menerapkan aplikasi sepakat. Yaitu sistem elektronik perencanaan penganggaran dan informasi kinerja terintegrasi, katanya.

Sedangkan H. Sapta Sarosa, S.Psi mengatakan Musrenbang Kab. Bantul dengan usulan total Rp. 10 M dan sudah selesai dibagi dalam masing-masing kebutuhan di kecamatan Pajangan. Kami minta dari OPD memberikan informasi terbaru. Musyawarah ini sampai kan kebutuhan real agar tercapai maksimal. Manfaatkan anggota Dewan untuk terjun langsung dan membantu pembangunan masyarakat Pajangan. Peningkatan status Kepala BPBD bantul setara dengan Sekda agar mempermudah dalam penanganan Bencana yang menimpa Kab. Bantul, tuturnya.

Dalam sidang pleno yang di pimpin oleh Wagiyo, S.T Kepala Bidang Sarana Prasarana Bappeda Kab. Bantul berlangsung dengan musyawarah mufakat. Kecamatan Pajangan mengusulkan 7 usulan Pagu Indikatif Kecamatan (PIK) dan 20 non PIK. 7 Usula PIK mengenai peningkatan dan pembangunan infrastruktur agar terpenuhinya sarana prasarana publik.

7 usulan PIK disetujuai dalam sidang pleno ini, namun untuk Desa Guwosari usulan PIK nya dirubah untuk penyempurnaan gedung serba guna Desa yang terletak di Balai Desa Guwosari. Gedung serba guna ini sudah diharapkan sekali dan nantinya bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Desa Guwosari. Untuk penyempurnaan gedung, dari rapat ini, Pemerintah Desa Guwosari agar bekerjasama dengan PMD.

Kemudian untuk Jembatan yang rusak di Mangir nantinya akan diganti dengan jembatan sementara Bailey. Rapat Musrenbang ditutup oleh Camat Pajangan dan hasil dari rapat ini akan direkap untuk kemudian dibawa dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Bantul. (Kecamatan Pajangan)


Puskesmas
di Kecamatan Pajangan

Puskesmas Pajangan

Puskesmas Pajangan

Jl Benyo, Pajangan, Sendangsari, Bantul
0274-7101300

Komando Rayon Militer Pajangan

Koramil / Komando Rayon Militer Pajangan

Jalan Raya Pajangan no 10, Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
088806400539

Kepolisian Sektor Pajangan

Polsek / Kepolisian Sektor Pajangan

Jalan Raya Pajangan Km. 01 No. 152
0811-2583-235

Kantor Urusan Agama Pajangan

KUA / Kantor Urusan Agama Pajangan

Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
0274-6461696