Kirab Budaya Dan Kenduri Masal Bersih Dusun Dadapbong

Jumat Pahing, 23 Maret 2018 06:10 WIB ∼ 520

Foto Berita

Kirab Budaya Dan Kenduri Masal Bersih Dusun Dadapbong

Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta menghadiri acara Kirab budaya dan kenduri masal dalam rangka Bersih Dusun (Merti Dusun) Dusun Dadapbong Sendangsari Pajangan Bantul, Minggu siang (18/3/2018).

Hadir dalam acara ini DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM, DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi dan Eko Sutriano Aji, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Kepala Dukuh Dadapbong Bpk. Muntoha Tsauri, Dukuh Krebet Kemiskidi dan tamu undangan. Warga masyarakat yang mengikuti acara ±  600 orang.

Kirab budaya menempuh jarak ± 3 Km, start dimulai dari lapangan Voly Dusun Dadapbong RT 01 menuju selatan melewati Dusun Gupakwarak ke utara dan finis di lapangan Dusun Dadapbong RT 04.

Susunan Bregodo dalam kirab budaya ini:

1. Bregodo Aryo pringgo (Pringgading)

2. ‎Bregodo Gunungan

3. ‎Bregodo Krebet Jati Manggolo (Krebet)

4. ‎Bregodo Krebet Dewi manggolo (Krebet)

5. ‎Panjang Ilang masyarakat Dadapbong.

 

Hiburan dalam menyambut tamu dan bregodo berupa Tari Gambong Methuk oleh Titik Riska dan Novita Yuliana Risa serta Tari Merak oleh Novita Ayu, Aulia dan Yuliana Putri.

Warga Dusun Dadapbong diwakilkan kepada DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, S. Psi yang menyampaikan acara hari ini ada kirab Brehodo dan kenduri masal dalam rangka Merti Dusun atau bersih Dusun Dadapbong. Terima kasih kepada seluruh donatur dan warga masyarakat Dadapbong yang telah membantu sehingga ranhkaian acara dapat terselenggara dengan baik. Bersih Dusun ini merupakan ungkapan warga masyarakat Dadapbong atas limpaham nikmat dan rejeki yang telah diberikan dan dengan harapan dijauhkan dari mata bahaya. Inti bersih Dusun ini kita dapat mengerti bahwa acara ini merupakan budaya Ngayogyokarto Hadiningrat dan perlu kita lestarikan dan kita jaga, ujarnya.

DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh warga Dadapbong yang telah menyelenggarakan acara Merti Dusun ini. Dusun Dadapbong merupakan sentral agamis yang tidak lupa beribadah kepada Alloh SWT. Dadapbong juga Pancasilais karena sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa yang tidak meninggalkan agamannya. Dan Sila ketiga Persatuan Indonesia yang tidak meninggalkan budayanya. Bersih Dusun ini untuk uri-uri, resik-resik, bersyukur kepada Alloh SWT. Atas nama Pemerintah dan DPRD DIY ikut berbahagiam dan mengharapkan acara merti Dusun ini dapat mempersatukan warga masyarakat Dusun Dadapbong. Semoga acara ini mendapatkan limpahan rohmat Alloh SWT. Kami DPRD DIY dan DPRD Kab. Bantul akan memikirkan masyarakat untuk pembangunan-pembangunan dan ahg masyarakat Pajangan khususnya dapat lebih maju dan berkembang, katanya.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kaum Rois Dusun Dadapbong dan kenduri masal.

Pengamanan kegiatan ini dilakukan oleh Polsek Pajangan, Linmas.Desa Sendangsari, FKPM Desa Sendangsari, Pemusa pemudi Dadapbong dan Muda mudi Gupakwarak. Acara berakhir jam 15.16 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Kecamatan Pajangan).


Puskesmas
di Kecamatan Pajangan

Puskesmas Pajangan

Puskesmas Pajangan

Jl Benyo, Pajangan, Sendangsari, Bantul
0274-7101300

Komando Rayon Militer Pajangan

Koramil / Komando Rayon Militer Pajangan

Jalan Raya Pajangan no 10, Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
088806400539

Kepolisian Sektor Pajangan

Polsek / Kepolisian Sektor Pajangan

Jalan Raya Pajangan Km. 01 No. 152
0811-2583-235

Kantor Urusan Agama Pajangan

KUA / Kantor Urusan Agama Pajangan

Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
0274-6461696