Sosialisasi Pembangunan Padat Karya Disnakertrans Kabupaten Bantul Di Watugedug

Jumat Pahing, 23 Maret 2018 05:59 WIB ∼ 591

Foto Berita

Sosialisasi Pembangunan Padat Karya Disnakertrans Kabupaten Bantul Di Watugedug

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bantul bersama Pemerintah Kec. Pajangan dan Desa Guwosari mengadakan sosialisasi pembangunan jalan cor blok program padat karya pembangunan jalan kampung di rumah Muhammad Zainuddin Dusun Watugedug RT 04 Guwosari Pajangan Bantul, Rabu malam (14/3/2018).

Proyek padat karya berupa jJalan cor blok jalan kampung di Dusun Watugedug RT 04 dengan volume ± 400 m lebar 2,5 m dan tebal 10 cm dengan anggaran.± Rp 107 juta dengan le gajuan di tahun 2017.

Muhammad Zainudin mengatakan jalan ini untuk melancarkan transportasi guna memingkatkan kesejahteraan juga keamanan dan ketertiban.

Kepala Dukuh Watugedug Bpk. Mistijan mengatakan pertemuan malam ini untuk sosialisasi pembangunan padat karya jalan cor blok di Dusun Watugedug RT 04 dan RT 05 melalui Dinas tenaga kerja dan Transmigrasi Kab. Bantul.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bantul Ibu Rumiati, SH, M.Hum Kasi Perluasan Tenaga Kerja dalam sosialisasi ini menjelaskan  malam ini sosialisasi ke 3 kemarin di Jogonandan. Padat karya dengan memanfaatkan tenaga masyarakat lokal untuk membangun  hal ini diatur dalam Perbub No. 14 tahun 2017 tentang padat karya, Tahun 2018 tahun padatkarya infrastruktur 178 lokasi

Dalam pembangunan Ibu-ibu bisa dilibatkan. Satu keluarga cukup satu orang yakni pencari nafkah utama dan pengangguran untuk dijadikan pekerja. Prinsip padat karya dari oleh dan untuk masyarakat setempat. Adanya padat karya untuk membuat rasa tertib tentram dan aman.

Dukuh, Lurah dan Camat harus mengetahui proposal yang diajukan. Tidak ada tuntutan ganti rugi dari masyarakat yang lahannya digunakan dan pohon yang terpaksa ditebang. Lahan yang digunakan tidak dalam sengketa. Manfaat dan hasil kegiatan fisik yang dibangun, masyarakat harus menjaga dan merawat agar bisa bertahan lama.

Penggunaan alat mesin berat sederhana bisa digunakan untuk menjaga kualitas pembangunan. Nanti ada Tim monitoring dari kejaksaan yang nantinya datang tanpa koordinasi dengan Dinas. Pembangunan fisik tidak boleh diborongkan kepada pihak ke 3, harus tetap dikerjakan secara bersama-sama.

Tahap persiapan (identifikasi, gambar desain oleh konsultan melalui tahap lelang, sosialisasi) dan pelaksanaan fisik. Kegiatan disini akan dilaksanakan setelah lebaran. Selasa Minggu besok akan dilakukan diklat tukang agar sesuai sop dari Dinas.

Pengadaan material harus melalui lelang karena 178 lokasi akan menggunakan dana ±  Rp 11 M. Droping material akan dilakukan di Bulan puasa, masyarakat kita mohon untuk menjaga matetial tersebut. Pembangunaan fisik 21 hari, dibuatkan prasasti dan serah terima hasil pembangunan kepada Lurah Desa untuk pemeliharaan nantinya.

Sedangkan Gatot Subiantoro Seksi Transmigrasi dari Disnakertrans Kab. Bantul dalam acara ini memberikan penyuluhan, Program Transmigrasi masih eksis dilaksanakan Pemerintah. Untuk ke Aceh, Sumbar Sijunjung, Kaltim Paser, Kalbar Pulau Maya, Kalut Buyungan, Sultenggara Muna, Sultengah dan masih banyak lagi.

Syarat Transmigrasi Fotokopi KTP dan Surat nikah. Rumah dan tanah setengah ha. Transmigrasi ini gratis tidak dipungut biaya. Ikut transmigrasi dapat bantuan-bantuan. Bukit aren di Gorontalo lokasi transmigrasinya dekat dengan bandara. Ada surat edaran dari ‎Mabes Polri dan TNI bisa mengikutkan anggota untuk ikut transmigrasi, ujarnya.

Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta bersama Stafnya dalam kesempatan ini mengikuti sosialisasi Di Dusun Krebet RT Desa Sendangsari Pajangan. (Kecamatan Pajangan).


Puskesmas
di Kecamatan Pajangan

Puskesmas Pajangan

Puskesmas Pajangan

Jl Benyo, Pajangan, Sendangsari, Bantul
0274-7101300

Komando Rayon Militer Pajangan

Koramil / Komando Rayon Militer Pajangan

Jalan Raya Pajangan no 10, Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
088806400539

Kepolisian Sektor Pajangan

Polsek / Kepolisian Sektor Pajangan

Jalan Raya Pajangan Km. 01 No. 152
0811-2583-235

Kantor Urusan Agama Pajangan

KUA / Kantor Urusan Agama Pajangan

Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
0274-6461696