Wakil Bupati Bantul Hadiri Penilaian Lomba Pokdarwis Di Kampung Santan Guwosari Pajangan

Kamis Kliwon, 1 Maret 2018 23:20 WIB ∼ 557

Foto Berita

Wakil Bupati Bantul KH. Abdul Halim Muslih menghadiri Penilaian lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Santan yang maju mewakili Kab. Bantul ke tingkat DIY di pendopo Kabasiran Dusun Santan RT 02 Guwosari Pajangan Bantul, Kamis sore (1/3/2018).

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si, Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari, Peltu Rasula Koramil Pajangan, Babinsa Koramil Pajangan Serda Nur Wahyudi, Kepala Dukuh Santan Bpk. Mudakir, Ketua Pokdarwis Kampung Santan Subkhan Nur Taufik.

Tim Juri dalam kegiatan ini Dra. Titik Sulistyani (Kasi Kelembagaan Dinas Pariwisata DIY), Drs. Bakri MM (Purna Dari Kementrian Pariwisata RI), Drs Octo Lampito MPd Pimpinan Redaksi KR, Drs. Herman Tony (DPD PHRI DIY), Bobby Ardiyanto Setya Ajie (DPD Asita DIY), Drs. Imam Widodo Ketua HPI (Himpunan Pramu Wisata Indonesia (HPI) DIY, Henri Bramantia, S.A., M.P (Puspar UGM) dan Ir. Sigit Ishtiarto Ketua Forkom Pokdarwis DIY.

Kedatangan Tim disambut dengan kesenian Gejok Lesung lesung Puspitasari, yel yel dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Wakil Bupati Bantul, melihat kampung Santan, sambutan dari Kepala Dinpar DIY, tanya jawab dan penutup.

KH. Abdul Halim Muslih dalam sambutannya mengatakan, kehadiran bapak ibu Tim penilai ini akan mendorong membangkitkan, memotivasi kinerja teman-teman Pokdarwis yang ada di Guwosari ini sebagai bagian penting kita membangun Kepariwisataan di Kab. Bantul dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sektor Pariwisata ini telah mampu menumbuhkan ekonomi sekaligus pemerataan. Sesaui data BPS, bahwa sektor Pariwisata ini dapat mengungkit pemerataan sehingga bisa menekan angka kesenjangan disamping mendorong angka pertumbuhan ekonomi. Ada 3 Sektor strategis utama di Kab. Bantul, Industri, Pertanian dan Pariwisata, dengan demikian Pariwisata telah masuk ke Sektor prioritas di dalam RPJMD juga RKPD (Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah) tahun 2018 dan tahun 2019.

Obyek pariwisata potensial di Kab. Bantul telah kita data dan kita kembangkan, hal utama yang perlu kita siapkan adalah sumber daya manusia (SDM) utamanya Pokdarwis yang bertanggung jawab, berperan mengelola Desa Wisata, Obyek Wisata dan situs-situs pariwisata. Inovasi, kreatifitas merupakan soko guru Pariwisata yang tidak bisa kita tinggalkan. Kompetisi Pariwisata adalah kompetisi kreatifitas dan inovasi, "Barang siapa yang bisa meningkatkan kreatifitas dan inovasinya maka dialah nantinya yang akan muncul sebagai pemenang, katanya.

Kab. Bantul telah ditetapkan sebagai salah satu pesona melalui 2 Desa Wisata kita yang ada di Mangunan Kec. Dlingo. Hal ini mengispirasi desa wisata, Pokarwis yang lain di Kab. bantul, bahwa kita bisa, kita mampu untuk bersinergi dengan yang lain. Kita tidak mampu menghadapi besarnya tantangan yang kita hadapi. Dengan kebersamaan, dengan sinergi antar Stageholder dan Pemerintah DIY, Kab. Bantul, Pemerintah Desa kita pasti mampu menuju cita-cita yang telah kita tetapkan bersama yaitu masyarakat Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera melalui diantaranya pengembangan Pariwisata. Kepada tim penilai kami mohon arahan dan bimbingan serta mohon ditunjukkan kelemahan-kelemahan kami utamanya Pokdarwis Guwosari ini, tidak ada keberhasilan tanpa menyadari kelemahannya, pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan mengitari potensi Wisata Kampung Santan dengan menggunakan odong-odong dan kembali lagi ke tempat penyambutan dengan jarak kurang lebih. 3 Km

Dalam pemaparan Profil Pokdarwis Kampung Santan oleh Wakil Ketua Zukhroni, S.Pd, M. Eng menjelaskan, disebut Dusun Santan karena aktifitas masyarakatnya dulu merupakan pengambil sadapan kelapa (Penderes). Dari Penderes akhirnya masyarakatnya mengembangkan kerajinan batok kelapa dan juga potensi wisata kuliner ingkung. Hasil dari kerajinan batok kelapa sudah menembus pasar internasional., ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata DIY Ir. Aris Riyanta, M.Si menerangkan, dalam penilaian ini para juri sudah profesional dan berpengalaman sekali.

Ada 2 Kriteria besar yang dinilai yaitu :

1. Administrasinya (termasuk profil, SDM dan kelembagaan) dengan sub kriteria sebanyak 11 penialaan, kelembagaan, SK, pengurus dan struktur organisasi, administrasi unit usaha, keaktifan pengurus, pelatihan, kompetensi SDM, kesetaraan gender, standar operasional prosedur (SOP), data kunjungan, prestasi yang diperoleh dan peningkatan kesejahteraan. (Bobot nilai 30 %).

2. Perwujudan Sapta Pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, kenangan) bobot 70 % yang dinilai, lingkungan, aksesbilitas jalan dan penerangan, papan petunjuk arah, papan informasi, area parkir, sarana teknologi informasi, toilet MCK, akomodasi homestay, atraksi wisata dan cindera mata.

Dari hasil berkeliling Kampung Santan tadi, sapta pesonanya sudah tampak dan masyarakatnya ramah dalam menyambut tamu. Kampung Santan kami harapkan bisa mengevaluasi diri menjadi lebih baik lagi. Semoga sambutan saya ini menjadikan DIY mempunyai konstribusi ditingkat Nasional, terangnya.

Tim Juri dalam kesempatan ini mengarahkan agar Pokdarwis Kampung Santan mapun Desa Wisatanya terus melakukan regenerasi. Laporan Administrasi Pokdarwis dan Desa Wisata harus terpisah. Dalam penyambutan agar dilakukan Atraksi Budaya dengan menonjolkan penggunaan Gamelan sebagai ciri khas Kebudayaan Jawa.

Penilaian hari ke 2. ini oleh Tim juri dilakukan di Kab. Bantul yang meliputi 3 tempat yakni Pokdarwis Karangtengah Imogiri, Pokdarwis Kampung Surocolo Pundong dan terakhir di Pokdarwis ‎Kampung Santan Pajangan

Dalam kegiatan ini dilakukan pengamanan oleh Polsek Pajangan, Koramil 18/Pajangan, Linmas Desa Guwosari dan Satpol PP Kab. Bantul agar acara berjalan lancar dan sukses. Acara berakhir seira jam 18.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Kecamatan Pajangan)


Puskesmas
di Kecamatan Pajangan

Puskesmas Pajangan

Puskesmas Pajangan

Jl Benyo, Pajangan, Sendangsari, Bantul
0274-7101300

Komando Rayon Militer Pajangan

Koramil / Komando Rayon Militer Pajangan

Jalan Raya Pajangan no 10, Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
088806400539

Kepolisian Sektor Pajangan

Polsek / Kepolisian Sektor Pajangan

Jalan Raya Pajangan Km. 01 No. 152
0811-2583-235

Kantor Urusan Agama Pajangan

KUA / Kantor Urusan Agama Pajangan

Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
0274-6461696