LOUNCHING PANGGILAN DARURAT 112 BANTUL

Selasa Pon, 19 November 2019 15:21 WIB ∼ 135

Foto Berita

Lounching Panggilan Darurat 112 Bantul

BANTUL (18/11) -- Bupati Bantul Drs. Suharsono melaunching Panggilan Darurat 112 ditandai dengan penekanan tombol tanda panggil bersama Kapolres Bantul disaksikan jajaran Forkopimda, Kepala OPD dan semua yang hadir bertempat di Gedung Induk Lantai III, Senin ( 18/11).

Menurut laporan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Ir. Fenty Yusdayati, MT selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan  bahwa dalam Peraturan Menteri nomor 10 tahun 2016 diatur tentang layanan nomor tunggal panggilan darurat atau call center harus menggunakan nomor 112, diselenggarakan di tingkat nasional dan daerah serta dilaksanakan untuk penanganan keadaan darurat yang meliputi kebakaran, bencana, kecelakaan, kesehatan, ketentraman dan kriminal, paling lambat tahun 2022 harus sudah terlaksana integrasi panggilan dimaksud.           

“Dari 100 Kabupaten Kota Smart City, sebagian besar sudah melaksanakan panggilan darurat 112, sedangkan Bantul pertama di DIY”, ungkap Fenty.

Tujuan panggilan darurat 112 diantaranya, mempermudah masyarakat melakukan pelaporan kondisi darurat, mempercepat penanganan kondisi darurat oleh satuan terkait, mengurangi resiko terhadap gangguan dari masing-masing individu maupun masyarakat dan mengurangi dampak bahaya yang ditimbulkan oleh keadaan darurat.

Sementara Direktur Pengembangan  Pitalebar mewakili Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika,  Ikhsan Baidirus menyampaikan bahwa panggilan darurat  112 merupakan layanan untuk memudahkan masyarakat melakukan panggilan secara cepat untuk melaporkan berbagai permasalahan seperti kebakaran, gangguan keamanan, masalah kesehatan dan lain-lain. Dalam pengoperasiannya siap untuk melayani dalam waktu 24 jam dan telah terkoordinasi dengan semua pihak dalam penanganannya termasuk masalah korupsi.

Kementerian  Kominfo telah mempersiapkan regulasi penomoran 112 sebagai call center, terang Ikhsan, untuk menghubungi 112 gratis. Saat ini semua operator telekomunikasi  sudah terkoneksi dengan panggilan 112 di Kabupaten Bantul. “Ini artinya Kabupaten Bantul merupakan salah satu pionir dalam merealisasikan panggilan darurat 112 dan dibuka secara gratis untuk masyarakat,” kata Ikhsan.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pula launching Ruang Ala Milenial KIM di Kabupaten Bantul, yaitu kelompok yang dibentuk oleh masyarakat secara mandiri dan kreatif dalam melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah dan pemberian CSR oleh PT. Balitowerindo Tbk secara simbolis berupa 6 CCTV yang artinya akan terkoneksi dengan Pusat Data di Dinas Kominfo diantaranya di Bendung Klegen, Bendung Merdiko, Bunderan Srandakan, Pasar Bantul, Taman Paseban dan TPR Parangtritis.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula penandatanganan MoU antara Pemkab. Bantul dengan Polres Bantul tentang Sinergitas Dalam Upaya Menciptakan Ketenteraman, Ketertiban, Keamanan, Kenyamanan serta Kesiapsiagaan Pelayanan dan Penanganan Aduan Masyarakat di Kabupaten Bantul.

Pada akhir acara diserahkan PPID Award kepada 6 OPD yang mengelola informasi dan dokumentasi dengan baik diantaranya  kepada Dinas PPKP Kabupaten Bantul, Dinas Dukcapil, Dinas Kominfo, Kecamatan Piyungan, Bantul dan Dlingo.(Sit, diskominfo).


Puskesmas
di Kecamatan Pajangan

Puskesmas Pajangan

Puskesmas Pajangan

Jl Benyo, Pajangan, Sendangsari, Bantul
0274-7101300

Komando Rayon Militer Pajangan

Koramil / Komando Rayon Militer Pajangan

Jalan Raya Pajangan no 10, Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
088806400539

Kepolisian Sektor Pajangan

Polsek / Kepolisian Sektor Pajangan

Jalan Raya Pajangan Km. 01 No. 152
0811-2583-235

Kantor Urusan Agama Pajangan

KUA / Kantor Urusan Agama Pajangan

Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul
0274-6461696