Kirab Gunungan Merti Dusun Krebet Tahun 2023

Pajangan, 21 Januari 2023 – Merti Dusun merupakan tradisi turun- temurun sebagai ungkapan syukur kepada Sang Pencipta. Di dusun Krebet, Kapanewon Pajangan tradisi ini masih dipertahankan.

 

Sempat berhenti selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan Merti Dusun Krebet mulai diselenggarakan kembali pada tahun 2022, meskipun masih dengan pembatasan-pembatasan.

 

Pada tahun 2023 ini, seiring dengan meredanya Covid-19, kegitan Merti Dusun Krebet diselenggarakan dengan lebih meriah selama lima hari dari tanggal 17 – 21 Januari 2023. 

 

Salah satu acara Merti Dusun Krebet yakni kirab gunungan dan umbul donga puja basuki, diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Januari 2022. Gunungan berisi hasil panen warga masyarakat diarak dari Balai Dusun Krebet ke Pendopo Agung Dukuh Krebet oleh pasukan bregodo. Selanjutnya gunungan tersebut didoakan, dan diperebutkan oleh warga.

 

Turut hadir dalam acara kirab gunungan dan umbul donga puja basuki Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Anggota DPRD Kabupaten Bantul, Kunhda Kabudayan/ Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Dinas KUKMP Kabupaten Bantul, Panewu dan Jajaran Forkompinkap Pajangan, Lurah se- Kapanewon Pajangan, Lurah Sabdodadi, Lurah Bangunjiwo, Kepala Sekolah SD dan SMP di Kalurahan Sendangsari, Ketua LPMK, Ketua Desa Budaya dan tokoh masyarakat.

 

Dalam sambutanya Panewu Pajangan Anjar Arintaka Putra, S.Sos, MM menyampaikan bahwa Merti Dusun merupakan perwujudan kegotong-royongan dan persatuan. Berbagai kekurangan tidak menjadi kendala, karena masyarakat memiliki komitmen bersama untuk melestarikan tradisi.

 

Kalurahan Sendangsari telah ditetapkan sebagai desa/ kalurahan budaya. Bapak Panewu juga mengajak untuk terus menjaga dan mengembangkan kebudayaan yang ada, sehingga ke depan Kalurahan Sendangsari bisa menjadi desa/ kalurahan mandiri budaya.