Mengenal Kelengkeng Itong di Kelompok Tani Duta Makmur Sanden

Sanden. Jumat  17 Juni 2022

Study banding budidaya klengkeng di Kelompok Tani Duta Makmur, Murtigading, Sanden, Bantul. Acara oleh  UPTD BPTP DIY bersama Panewu Pajangan , Ulu-ulu Guwosari, Lurah Guwosari  dan Team BPP  Pajangan. Dalam kesempatan tersebut Lurah Desa Murtigading, Sanden, Bantul ikut menemui acara study banding tersebut. 

Acara ini terselenggara karena adanya program PPHT  klengkeng  dari UPTD BPTP Dinas pertanian  dan Ketahanan Pangan DIY  yang akan di  selenggarakan  8 kali, di Gapoktan Guwosari. 

Kelengkeng Itoh adalah varitas kelengkeng yang dibudidayakan oelh Kelompok Tani Duta Makmur. 

Kelengkeng Itoh berasal dari Thailand, merupakan perpaduan antara kelengkeng diamond river dan kelengkeng Puangray. Di Yogyakarta kemudian dikembangkan oleh Telaga Nursery Pemukti Baru, RT.28/RW.4, Ngangkrukbaru, Tlogo, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454

Kelengkeng Itoh termasuk kelengkeng unggulan, dan dapat beradaptasi baik pada ketinggian 1 – 400 mpdl. Sementara Kalurahan Murtigading, Sanden, Bantul berkisar di 12 mpdl. 

Salah satu kelebihan klengkeng Itoh adalah dapat mengatur masa panen. Misal tanaman di rangsang pemupukannya pada bulan Juni maka diperkirakan pada bulan Februari sudah dapat panen. Pemilik Plantera Fruit Paradise Skala komersial itu mengatakan, pengaturan pembuahan membuat prediksi panen lebih tepat. Misal tanaman yang dirangsang pada Juni akan dapat dipanen buahnya pada Februari. Demikian seterusnya.

Pekebun dapat memberikan zat perangsang tumbuh (ZPT) yang mengandung KN03. Pemberian nutrisi itu pada tanaman berumur minimal 2,5 tahun dan sehat. Sebulan sejak pemberian rangsangan itu pohon lengkeng berbunga.

Meski demikian praktikus dan pedagang buah di Muarakarang, Jakarta, Tatang Halim, memaparkan satu kelemahan lengkeng ialah kesegaran kulit yang hanya bertahan 2 hari. Setelah itu kulit mengeras sehingga kurang menarik dipandang, meski rasanya tetap enak. (http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/lengkeng-berbuah-lebat-teknik-melebatkan-buah-lengkeng-sekaligus-berbuah-susul-menyusul/)

Dengan adanya perencanaan pengaturan masa panen, seandainya memiliki 12 pohon, buah kelengkeng, harapan panen dapat tiap bulannya. Bahkan tingkat kadar tingkat kemanisan kelengkeng Itoh mencapai 25 brix. [jon]