Patroli Pemantaun Malam Takbiran Idul Fitri 1445 M/2024 H di wilayah Kapanewon Pajangan

Koordinasi Pemantauan Malam Takbiran Idul Fitri 1445H/2024H

Pajangan, Rabu 09 April 2024

Hasil Kegiatan :

1. Tahun 2024 ini, lebaran dirayakan bersama. Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1445H jatuh pada hari Rabu, 09 April 2024. Namun ada sebagian masyarakat. 

Arahan Panewu Pajangan

  1. Panewu menyampaikan, menjadi bagian tugas negara memantau malam takbir di wilayah Pajangan. Untuk Bersama-sama membina masyarakat secara humanis agar dalam berpawai, yang menggunakan sound system, agar tidak terlalu keras membunyikan peralatannya, Selanjutnya pawai takbir agar berhenti jam 12 malam takbir, hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi terhadap kemungkinan adanya gangguan ketertiban dan keamanan di tahun 2024. Oleh karena itu disetiap kapanewon dan kalurahan ada posko pengawasan malam takbiran sebagai antisipasi gangguan keamanan. 
  2. Danramil berharap bersama-sama berkoordinasi, tidak perlu proaktif, cek lokasi beberapa tempat, yang dipandang titik rawan yang perlu dilakukan tindakan sesuai keadaan, hal tersebut sebagai bentuk dukungan kepada setiap program keamanan dan ketertiban.  
  3. Kapolsek menindaklanjuti adanya surat edaran bersama Kepolisan Bantul, Bupati Bantul, Kementerian Agama Bantul, Kodim 0729 Bantul dan Majelis Ulama Bantul tentang pelaksanaan ibadah Ramadhan, Takbiran dan Sholat Idul Fitri Tahun 1445 H / 2024 M. Dalam rangka mewujudkan kekhidmatan, kenyamanan, ketrentraman, dan ketertiban penyelenggaraan Ibadah Ramadhan, takbiran dan sholat Idul Fitri 1445 H / 2024 M, dianjurkan kepada masyarakat pelaksanaan di masjid/mushola secara khidmad dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan masing-masing. Beberapa ketentuan seperti takbiran dalam radius pada lingkungan Kapanewon setempat. Pelaksanaan takbir keliling dan lomba Takbiran di malam hari paling lama sampai dengan pukul 23.00 WIB. Agar kenyamanan dan ketertiban masyarakat terjaga, maka edukasi penggunaan sound besar menggunakan mode yang tidak keras. Beberapa Posko di Wilayah Pajangan ada di  Terminal 77 Kayuhan Triwidadi,  Pertigaan Sindon Iroyudan Guwosari, dan pertigaan Wijirejo Sendangsari Pajangan. 

Posko Pertigaan Terminal 77 Kayuhan Triwidadi 

Posko Pertigaan Sindon Iroyudan Guwosari

Posko Pertigaan Wijirejo Sendangsari Pajangan

Kepada Kalurahan dimohon untuk melakukan pemantauan di wilayahnya masing-masing [pjg]