Penerjunan Mahasiswa KKN Universitas Universitas Alma Ata Tahun 2024/2025

Penyerahan Dokumen Simbolis dari Rektor Universitas Alma Ata kepada Kepala Bappeda Bantul

Bantul. Rabu, 31 Januari 2024

Sesuai amanat Bupati Bantul, hasil Karya Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlokasi di wilayah Bantul dan hasil pemikiran dari civitas perguruan tinggi memiliki peran yang strategis dalam suksesnya pembangunan, utamanya inovasi-inovasi yang dihadirkan sehingga dapat menjawab tantangan dan persoalan yang ada.

Berdasarkan Surat Edaran bupati bantul Nomor:423/ 02395/Bappeda tentang prioritas program pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Bantul, mewajibkan pelaksanaan KKN dengan program prioritas, sebagai berikut:

1. Pendukung capaian Bantul bersama

2. Pendukung pencapaian Kabupaten Layak Anak (KLA) 

sehingga harapan KKN Universitas Alma Ata di wilayah Kapanewon Pajangan dapat memasukan kedua program prioritas tersebut dalam program kegiatan.

 

Perwakilan Metode Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan Universitas Alma Ata Yogyakarta

Dalam melaksanakan KKN, Universitas Alma Ata Yogyakarta telah merancang skema yang sangat menarik dan beragam. Skema tersebut mencakup KKN Tematik, KKN Kelompok Mandiri (KM), KKN Model-Seragam Integratif Berbasis Masyarakat (MSIB), dan Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PMM). Keempat skema ini mencerminkan komitmen untuk menyelenggarakan kegiatan yang berdampak luas dan terukur.

KKN Tematik menggambarkan semangat kreativitas mahasiswa dalam menghadirkan solusi konkret untuk permasalahan spesifik di masyarakat. KKN Kelompok Mandiri (KM) menekankan pada kemandirian mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan di lapangan. KKN Model-Seragam Integratif Berbasis Masyarakat (MSIB) menunjukkan pendekatan holistik dalam memberikan solusi, melibatkan berbagai disiplin ilmu. Terakhir, Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PMM) mengejar tujuan jangka panjang dengan memberdayakan masyarakat untuk berdiri sendiri.

 

Hadir :

Ir. Fenty Yusdayati, M.T. Bappeda Bantul dan jajarannya 

Yth Bapak Rektor Universitas Alma Ata Yogyakarta, bpk prof dr H. Hamam Hadi, MS. D.Sc. SP.gk 

Wakil Rektor I Universitas Alma Ata Yogyakarta bapak Dr. Muh. Mustakim, M.Pd.I

Ketua LPPM Universitas Alma Ata Yogyakarta, beserta jajaran

Bapak/Ibu Dekan Universitas Alma Ata Yogyakarta, 

Bapak/Ibu Dosen Pembimbing Alma Ata Yogyakarta

Panewu Pajangan diwakili Kepala jawatan Keamanan 

Bpk Lurah Triwidadi Slamet Riyanto

Sendangsari Durori, SPdi, MPdi

BPK lurah Guwosari Masduki Rahmad, SIP

BPJS Ketenaga Kerjaan Albertus, S Sastra dan Muhammad Zaenuri [pjg]