Pengajian Khoul P. Diponegoro ke 168 dan Khotmil Qur’an ke 5

Guwosari. 07 Januari 2023

Pengajian Khoul P. Diponegoro ke 168 dan Khotmil Qur’an ke 5 oleh Takmir Mushola Pangeran Diponegoro di Kembang Putihan Guwosari Pajangan Bantul.

Hadir dalam acara tersebut K.H. Azrul Arif Pengasuh Pon Pes Asrama Pelajar Islam Subbanul Wathon Tegalrejo Magelang Jawa Tengah, Komisi A DPRD Bantul Muhammad Agus Muslih, Panewu, Babinsa, Babhinkantibmas, Kepala KUA Pajangan, Lurah Guwosari, Dukuh Kembang Putihan,  KH Muslih Nawawi dari Pondok Pesantren Annur Ngrukem, Ketua Tanfidziyah MWCNU KH. Yazid Al Bustomi, Takmir Mushola Pangeran Diponegoro dan dan Warga Sekitar.

 

K.H. Azrul Arif dalam nasehatnya menyampaikan mencari Ilmu wajib bagi Muslim dan muslimah, dari lahir sampai liang lahat. Oleh karenanya perlu mendekat kepada Kyai yang agamanya jelas sanad nasab keilmuan, rentetan rawinya sampai kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga dalam mencari ilmu, kedalaman dan ketersambungan sanad saja tidak cukup. Perlu juga (menemukan) seorang guru yang alim dan mengamalkan ilmunya.  Salah satu contoh, apabila tidak bisa mendampingi anak untuk khotmil Qur’an. Bisa dengan menitipkan untuk  khotmil Qur'an kepada Lembaga-lembaga yang punya ilmunya. Oleh karena itu dengan adanya khotmil Qur'an ke 5 oleh Mushola Pangeran Diponegoro bisa mewujudkan generasi penerus kepemimpinan di masyarakat dan wilayah Kabupaten Bantul khususnya. 

Lan ugi kito sak mangke saget ngraket aken silaturahmi kito sedoyo ugi nambah kawruh agama Islam, sahinggo saget meningkatkan kadar keimanan lan ke Islaman kito ingkang minggah mudun. 

Pengajian Khoul P. Diponegoro ke 168 adalah upaya mendoakan beliau agar selalu di sisi Allah, pada tempat yang sebaik-baiknya. Pengajian Khoul P. Diponegoro juga merupakan upaya mengingat dan mencontoh perjuangan beliau dalam mewujudkan cita-cita, walaupun menghabiskan waktu, tenaga, pikiran maupun harta benda. [pjg]