Umbul Donga Puja Basuki Merti Dusun Kabrokan Kulon 2022

Sendangsari. Sabtu 10 September 2022
Merti Dusun sering disebut juga dengan Bersih Desa, hakikatnya sama dengan makna simbol rasa syukur masyarakat kepada sang Pencipta atas apa yang telah diberikan. Karunia tersebut dapat berupa rejeki yang melimpah, keselamatan, ketentraman, serta keselarasan hidup di dunia. Kegiatan semacam ini masih sangat lazim ditemukan di Pedesaan maupun Pedusunan bagian dari ritus dan situs yang ada di Desa. (admin Web Kecamatan Ambarawa Kab. Semarang)
Oleh karena itu Panewu Pajangan menyampaikan Apresiasi dengan masih memberi ruang pengembangan Budaya Lokal kepada Kabrokan Kulon Kalurahan Sendangsari  dengan diselenggarakan Merti Dusun, pada hari Sabtu tanggal 10 September 2022. Terlaksananya Merti Dusun dapat berjalan, tentunya adanya dukungan dari semua masyarakat di Dusun Kabrokan Kulon. Dan merupakan suatu kebanggaan Dusun Kabrokan Kulon telah dapat meraih prestasi Peringkat II Lomba Voli dan warga mudanya Riyan, terpilih menjadi menjadi pemain terbaik. Harapan akan menjadi pembelajaran agar dapat lebih berprestasi lagi.
Pesan inti dari Merti Dusun bahwasanya Pembangunan membutuhkan kerja sama dari semua lapisan unsur yang ada di masyarakat pada suatu wilayah, seperti halnya Dusun Kabrokan Kulon yang tengah melakukan pembangunan. Oleh karena itu nasehat Adi Luhung leluhur untuk dijaga sebagai penyemangat pembangunan.
Sendangsari merupakan Kalurahan Budaya, sehingga mendapat bantuan 2 perangkat gamelan berbahan perunggu, untuk itu diperlukan jadwal harian, agar ada latihan memainan peralatan tersebut. Harapannya Pamong Desa bermain gamelan juga, sehingga dapat menjadi panutan bagi masyarakat. Seperti halnya pelaksanaan Mocopat tiap malam minggu Pon di Pendopo Kapanewon Pajangan. Berlatih Gamelan perlu ada jadwalnya.